Kompetisi Aplikasi Bisnis

Syarat Pendaftaran :

  1. Kategori Universitas
    1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) / SK Mahasiswa Aktif/KRS Berjalan/Screenshoot Sistem Akademik Masing-masing Institusi
    2. Swafoto Berwarna 
    3. Surat pernyataan karya yang belum pernah dilombakan*
    4. Formulir Pendaftaran Tim yang ditanda tangani oleh dosen pembimbing*
    5. Video menjelaskan karya yang dibuat**
    6. Poster menjelaskan karya yang dibuat**
    7. Proposal karya disesuaikan dengan template**

    Kategori SMA/K/Sederajat

    1. Surat pernyataan terdaftar di SMA/K/Sederajat yang bersangkutan yang ditanda tangani oleh pimpinan sekolah
    2. Swafoto Berwarna 
    3. Surat pernyataan karya yang belum pernah dilombakan dan ditanda tangani* 
    4. Formulir Pendaftaran Tim yang ditanda tangani*
    5. Video menjelaskan karya yang dibuat**
    6. Poster menjelaskan karya yang dibuat**
    7. Proposal karya disesuaikan dengan template** 

    Keterangan:

    • *Dapat di download di website
    • * per kategori maksimal hanya 3 orang
    • **Kriteria dapat dilihat di website

Teknologi Digital merupakan pendukung utama dari era Revolusi Industri 4.0 yang sedang dihadapi oleh seluruh penduduk dunia. Mahasiswa rumpun ilmu ilmu komputer (informatika) mampu menyiapkan diri untuk mengambil peran utama dalam memanfaatkan peluang atau menemukukan solusi permasalahan-permasalahan yang timbul pada era ini. Atas dasar pertimbangan inilah, fakultas ilmu komputer menyelenggarankan kompetisi pemanfaatan teknologi digital umumnya, dan teknologi komputasi serta pengembangan perangkat lunak pada khusunya. Kompetisi ini diperuntukkan kepada mahasiswa – mahasiswa dari seluruh PTN/PTS di tanah air.

Kompetisi ini diberi nama Codig (Code up your digital technology), diharapkan menjadi ajang kreasi dan inovasi mahasiswa dalam mengembangkan gagasan, pengetahuan dan kemampuannya pada bidang teknologi digital. Codig, pada tahun pertama penyelenggaraan ini, melombakan empat kategori kompetisi teknologi digital yaitu:


A.     Kompetisi Aplikasi Bisnis (KOMBIS)

Deskripsi

Kompetisi pengembangan Bisnis TIK berkaitan dengan pengembangan ide dan gagasan sebagai solusi permasalahan di Indonesia dalam bentuk analisis dan desain perangkat lunak. Dalam kompetisi ini, peserta harus dapat menjelaskan apakah inovasi perangkat lunak sebagai solusi yang diusulkan dapat menyelesaikan permasalahan dengan efektif dan efisien. Dampak dari solusi yang tersebut harus dapat dijelaskan dengan argumentasi yang didukung oleh data yang valid. Platform produk dalam kompetisi tidak dibatasi namun harus dapat dipastikan dapat diimplementasikan untuk mengatasi masalah yang telah dirumuskan.

Tahap Penyisihan

Persyaratan yang harus dilengkapi dalam tahap penyisihan adalah proposal usulan produk perangkat lunak,video dan poster.

Ketentuan Proposal

      1. Proposal usulan produk aplikasi bisnis merupakan ide bisnis baru atau pengembangan ide bisnis yang sudah ada namun tidak menjiplak produk aplikasi bisnis yang telah ada.
      2. Proposal usulan produk perangkat lunak tidak mengandung kata dan makna yang melanggar atau menghina SARA (Suku Agama Ras dan Antar Golongan).
      3. Proposal harus dapat menjelaskan masalah yang dihadapi, peluang dan pasar, solusi, model bisnis.
      4. Proposal harus disusun dengan struktur kepenulisan sebagai berikut:
        1. Halaman Sampul (Nama Tim/Judul Proposal/Nama Perangkat Lunak/Universitas)
        2. Latar Belakang Masalah
        3. Deskripsi produk atau layanan (termasuk kondisi perkembangan produk atau layanan tersebut saat ini)
        4. Peluang dan Pasar
          • Ukuran pasar, pangsa pasar potensial kebutuhan pelanggan atau pasar
          • Mengenal kompetitor
        5. Strategi Bisnis
          • kekayaan intelektual (jika ada)
          • Strategi penjualan dan marketing
          • strategi keuangan
          • Jumlah investasi yang dibutuhkan
          • Cash Flow dan proyeksi pendapatan 3 tahun ke depan
          • Strategi untuk mitigasi risiko
        6. Model Bisnis
        7. Tim manajemen dan/ atau penasihat, termasuk pengalaman yang relevan
        8. Screenshoot Tampilan Aplikasi
        9. Dokumentasi Cara Penggunaan Produk (Lampiran)

5. Proposal harus disusun dengan jumlah halaman maksimal 30 halaman termasuk lampiran (total) dengan kententuan.

      1. Ukuran kertas A4, dengan margin Atas 4 cm, margin kiri, kanan dan bawah 3 cm
      2. Gunakan hurum Times New Roman 12pt dengan jarak single space
      3. Proposal disimpan dalam bentuk PDF dengan format penamaan dokumen Codig4–Kombis–NamaKetuaTim-NamaPT.pdf

Ketentuan MVP

      1. Merupakan video yang dibuat untuk berkomunikasi dalam penggalian kebutuhan dengan target customer
      2. Video mencantumkan intro, subtitle, dan logo Codig4.0 selama tidak mengganggu interaksi penggalian needs dengan target customer
      3. Video Menjelaskan masalah yang dihadapi, peluang dan pasar, solusi, model bisnis, dan screenshoot tampilan.
      4. Video MVP dibuat dalam format MP4 720p dengan durasi 5 – 10 menit (termasuk intro dan subtitle)
      5. Video MVP dapat diunggah ke media sosial yang sesuai dengan target segmen anda, seperti YouTube, twitter, instagram, Linkedin atau media elektronik lainnya.

 

Pengumpulan Dokumen

Proposal, Poster dan tautan video dikirimkan subject e-mail (CODIG Competition 4.0 – Kombis – NamaKetuaTim  –  Nama PT) ke [email protected] dengan menuliskan deskripsi pada body e-mail sebagai berikut:

  1. Nama Universitas/Sekolah
  2. Nama TIM
  3. File Poster
  4. Video di upload ke channel YouTube sebagai unlisted video dengan format judul video sesuai poin diatas dan sertakan url videonya
Tahap Final
      1. Tahap ini dilakukan dengan melakukan penjurian terhadap peserta yang lolos tahap penyisihan
      2. Peserta boleh melakukan penambahan pitch deck ppt yang telah dikirimkan pada saat proposal.
      3. Peserta harus menghadiri presentasi tahap final via zoom/Google Meet (online)
PENILAIAN

Tahap Penyisihan

      1. Tahap ini dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap proposal yang dikirimkan oleh peserta.
      2. Penilaian dilakukan dengan menilai proposal dengan kriteria sebagai berikut:
      • Urgensi permasalahan (Jelaskan permasalahan yang terjadi dan perlu diselesaikan dengan cara pengembangan aplikasi). (Bobot 20%)
        • Permasalahannya harus benar ada di masyarakat
          1. Scope Permasalahan (Kompleks/Tidak Kompleks)
          2. Kesesuaian Permasalahan (Sesuai/Tidak Sesuai).
        • Pemaparan mengenai masalah yang diajukan harus didukung oleh data real berupa foto atau referensi yang lain.
      • Pemaparan peluang pasar (menjelaskan peluang pasar yang ada) (Bobot 20%)
      • Pemaparan ide solusi (menjelaskan ide solusi dari permasalahan yang dihadapi) (bobot 20%)
      • Pemaparan Model Bisnis (menjelaskan bagaimana bisnis bisa berjalan dan bagaimana mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut) (bobot 20%)
      • Dampak implementasi (menjelaskan kesiapan infrastruktur, kesiapan SDM, teknologi pendukung untuk jika aplikasi diimplementasikan) (bobot 20%)

Tahap Final

      1. Tahap ini dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap proposal dan presentasi peserta.
      2. Penilaian dilakukan dengan kriteria sebagai berikut:
        1. Penilaian proposal (30%)
        2. Penilaian presentasi (50%)
        3. Penilaian tantangan dari juri (20%)
APRESIASI
      1. Kategori Universitas:
        1. Pemenang 1: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT
        2. Pemenang 2: Uang Tunai Rp. 1.500.000 + Plakat + SERTIFIKAT
        3. Pemenang 3: Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT

        2. Kategori SMA/K/Sederajat:

        1. Pemenang 1: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT + Beasiswa 100%*
        2. Pemenang 2: Uang Tunai Rp. 1.500.000 + Plakat + SERTIFIKAT
        3. Pemenang 3: Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT

        Juara Umum PIALA BERGILIR


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *