Software Development

Deskripsi
Lomba pengembangan perangkat lunak menguji kemampuan peserta dalam mengembangkan ide kreatif untuk memberikan solusi penyelesaian masalah di Indonesia dalam bentuk perangkat lunak berkualitas tinggi. Fokus pada kategori ini adalah aspek inovasi yang kreatif dan pemanfaatan TIK untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia sehingga perangkat yang dihasilkan mampu memberikan dampak untuk kemandirian dan kecerdasan masyarakat umum. Dampak ini harus dibuktikan bukan hanya dalam bentuk argumentasi namun juga harus didukung dengan data. Produk perangkat lunak yang dihasilkan harus bisa dioperasikan sehingga dampak tersebut dapat terukur. Platform produk perangkat lunak tidak dibatasi.


Tahap Penyisihan

Deliverables babak penyisihan yang harus dikumpulkan adalah proposal pengembangan perangkat lunak, video rancangan perangkat lunak yang sedang dikembangkan, dan dokumen pendukung, dengan rincian sebagai berikut:

a) Proposal pengembangan perangkat lunak yang sedang dikembangkan pada kemajuan sekitar 50%;
b) Executable file atau URL dari aplikasi perangkat lunak;
c) Dokumen teknis mengenai panduan instalasi dan penggunaan perangkat lunak;
d) URL video demo perangkat lunak (tuliskan dalam file berformat TXT atau DOC;
e) Perangkat lunak berbasis web harus menyertakan UTL (Uniform Resource Locator) dari perangkat lunak, sedangkan perangkat lunak berbasis desktop (atau standalone) harus menyertakan executable file;
f) Daftar komponen (atau software library) yang dapat digunakan beserta lisensi dari komponen (atau software library) tersebut;
g) Surat pernyataan keaslian karya perangkat lunak dengan ditandatangani di atas materai oleh ketua tim;
h) Adopsi lisensi.

Ketentuan Proposal

Ketentuan proposal adalah sebagai berikut.
a) Proposal perangkat lunak yang diajukan merupakan ide orisinil dengan tidak
menjiplak perangkat lunak yang sudah ada (baik yang telah dikembangkan oleh
tim maupun orang lain).
b) Proposal perangkat lunak harus bisa direalisasikan menjadi bentuk aplikasi yang
memiliki unsur inovatif, kreatif, dan imajinatif.
c) Proposal perangkat lunak tidak mengandung unsur-unsur yang melanggar atau
menghina SARA (Suku Agama Ras dan Antar Golongan).
d) Proposal diharapkan menjelaskan kelebihan perangkat lunak yang
dikembangkan dari sudut pandang seluruh kriteria penilaian dan juga
kelebihannya jika dibandingkan dengan perangkat lunak lain yang serupa.
Proposal disusun mengikuti struktur dokumen sebagai berikut.
a) Judul/Nama Perangkat Lunak;
b) Latar Belakang Ide Perangkat Lunak;
c) Tujuan dan Manfaat Dikembangkannya Perangkat Lunak;
d) Batasan Perangkat Lunak yang Dikembangkan;
e) Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak;
f) Analisis Kebutuhan dan Desain Solusi Perangkat Lunak;
g) Implementasi Perangkat Lunak;
h) Screenshot Mockup Interface Perangkat Lunak;
i) Dokumentasi Cara Penggunaan Perangkat Lunak.
Proposal ditulis maksimal 30 halaman (total) termasuk lampiran dan kelengkapan lainnya.
Apabila proposal mengandung tautan yang berisi informasi terkait aplikasi yang
dilombakan, maka konten tautan tersebut termasuk dalam maksimal 30 halaman tersebut.

Ketentuan Video
Ketentuan video rancangan perangkat lunak pada babak penyisihan adalah sebagai
berikut:
a) Video mewakili gambaran proses perancangan perangkat lunak dan demonstrasi
hasil pengembangan pada kemajuan minimal 50%;
b) Video harus menggambarkan mengapa perangkat lunak tersebut berguna dalam
menyelesaikan masalah yang diangkat oleh tim;
c) Video harus menggambarkan bagaimana penggunaan perangkat lunak oleh
pengguna;
d) Perangkat lunak diperbolehkan untuk dijalankan menggunakan emulator lalu
direkam menggunakan perangkat lunak screen recording seperti Camstudio,
Camtasia, dan semacamnya;
e) Demonstrasi juga diperbolehkan menggunakan device asli sehingga perekaman
dilakukan dengan menggunakan kamera;
f) Durasi video dibatasi maksimal 3 menit;
Pengumpulan Dokumen
Proposal dan tautan video dikirimkan subject e-mail (CODIG Competition 2.0 – Software Development – NamaKetuaTim – Nama PT) ke [email protected] dengan menuliskan deskripsi pada body e-mail sebagai berikut:
g. Nama Universitas
h. Nama TIM
i. Tautan Video
Tahap Final

  1. Karya yang dihasilkan, yaitu:
    e. Aplikasi permainan lengkap yang sudah siap di-install, dimainkan, dan dilakukan penilaian oleh dewan juri dalam format executable file.
    f. Dokumen teknis yang tentang proses instalasi dan petunjuk cara
    memainkan aplikasi yang telah dikembangkan. Peserta tidak perlu
    mengumpulkan source code.
  2. Tahap ini dilakukan untuk penilaian terhadap peserta yang lolos tahap penyisihan
  3. Peserta pada tahap final harus menyiapkan presentasi proposal pengembangan aplikasi permainan yang telah dibuat.
  4. Peserta melakukan demo aplikasi permainan yang dikembangkan.
  5. Peserta diperbolehkan memperbaiki proposal untuk tahap final ini.
  6. Peserta harus menghadiri presentasi tahap final di Universitas Mercu Buana, Kampus Meruya (detail lokasi akan diinformasikan selanjutnya)

PENILAIAN

  1. Pada tahap penyisihan dilakukan penilaian terhadap proposal yang dikirimkan oleh peserta.
  2. Penilaian yang dilakukan terhadap aplikasi permainan yang dikembangkan berdasarkan 3 (tiga) unsur utama yaitu story, mechanics, dan estetika dengan mempertimbangkan aspek pendidikan, kreativitas, interaktif dan atraktif berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh pemain ketika bermain dan hiburan.
    Aspek mechanics mendeskripsikan tujuan dari aplikasi permainan, hal-hal yang dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan oleh seorang pemain untuk mencapai tujuan permainan, dan apa yang terjadi seandainya pemain mencoba suatu aksi. Story merupakan rangkaian kejadian yang ada pada aplikasi permainan yang Anda kembangkan. Unsur estetika mengambil poin penilaian dari sisi interaksi dan tampilan aplikasi.
  3. Penilaian dilakukan pada tahap penyisihan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria sebagai berikut:
    i. Unsur pendidikan yang ada pada permainan mencakup dampak dan manfaat yang diperoleh pengguna, misalnya untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu topik (contoh : problem matematika); (bobot 25%)
    j. Kreatifitas dalam pengembangan aplikasi permainan yang dinilai berdasarkan originalitas ide; (bobot 25%)
    k. Aspek estetika yang mencakup background, animasi, suara, musik, dan informasi permainan; (bobot 25%)
    l. Gameplay secara keseluruhan yang menarik dan menghibur; (Bobot: 25%).
  4. Pada tahap final dilakukan penilaian terhadap peserta dengan kriteria sebagai berikut:
    l. Penilaian video dan produk aplikasi permainan berdasarkan aspek penilaian yang telah ditentukan pada poin 3 (30%)
    m. Penilaian presentasi (30%)
    n. Kesesuaian dengan fitur-fitur atau fungsi yang sudah dinyatakan pada proposal pengembangan aplikasi permainan; (25%).
    o. Penilaian tantangan dari juri (15%)

APRESIASI
Pemenang 1: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Bingkisan Buku + Sertifikat
Pemenang 2: Uang Tunai Rp. 1.500.000 + Bingkisan Buku + Sertifikat
Pemenang 3: Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Bingkisan Buku + Sertifikat
Pemenang 4-5: Uang Tunai Rp. 500.000 + Bingkisan Buku + Sertifikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *