Desain Pengalaman Pengguna (UI/UX Design)

Syarat Pendaftaran :

Kategori Universitas

  1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) / SK Mahasiswa Aktif/KRS Berjalan/Screenshoot Sistem Akademik Masing-masing Institusi
  2. Swafoto Berwarna 
  3. Surat pernyataan karya yang belum pernah dilombakan*
  4. Formulir Pendaftaran Tim yang ditanda tangani oleh dosen pembimbing*
  5. Video menjelaskan karya yang dibuat**
  6. Poster menjelaskan karya yang dibuat**
  7. Proposal karya disesuaikan dengan template**

Kategori SMA/K/Sederajat

  1. Surat pernyataan terdaftar di SMA/K/Sederajat yang bersangkutan yang ditanda tangani oleh pimpinan sekolah
  2. Swafoto Berwarna 
  3. Surat pernyataan karya yang belum pernah dilombakan dan ditanda tangani* 
  4. Formulir Pendaftaran Tim yang ditanda tangani*
  5. Video menjelaskan karya yang dibuat**
  6. Poster menjelaskan karya yang dibuat**
  7. Proposal karya disesuaikan dengan template** 

Keterangan:

  • *Dapat di download di website
  • * per kategori maksimal hanya 3 orang
  • **Kriteria dapat dilihat di website

Deskripsi

Lomba Desain user interface dan User Experience (UI/UX Design) adalah Lomba tampilan antarmuka dengan visual yang menarik pada produk sehingga dapat memberikan pengalaman yang menarik pula bagi pengguna dalam menggunakan produk yang dihasilkan. Produk yang dihasilkan haruslah sesuai dengan kebutuhan pengguna, memberikan kenyaman dan kemudahan yang sesuai dengan perilaku pengguna agar memberikan hasil yang lebih baik.  

Tahap Proposal

Persyaratan yang harus dilengkapi dalam tahap penyisihan adalah pengumpulan proposal, pembuatan poster, dan membuat Videoclip (dibuat dalam bentuk Rar/Zip) dengan format penamaan ( CODIG Competition 4.0 – UIUX – NamaKetuaTim – Nama PT ) kirim ke email [email protected].   

Ketentuan Makalah

  1. Proposal
    1. Proposal Aplikasi Permainan tidak mengandung kata dan makna yang melanggar atau menghina SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
    2. Proposal pengembangan Aplikasi Permainan berisi deskripsi tentang Aplikasi Permainan berikut nama Aplikasi Permainan yang dikembangkan.
    3. Proposal harus disusun dengan struktur penulisan sebagai berikut:
      • Halaman Sampul (Nama Tim/Judul Proposal/Nama Perangkat Lunak/Universitas/Sekolah)
      •  Judul Produk 
      •  Abstrak 
      •  Latar Belakang Masalah 
      •  Tujuan dan hasil yang akan dicapai 
      •  Metode pengumpulan datanya dan metode penyelesaian masalah(Design, analisis, survei pendahuluan) Adanya sumber referensi secara empiris 
      • Analisis desain karya meliputi:
        • Target pengguna 
        • Batasan produk 
        • Platform yang digunakan 
        • Skenario penggunaan rancangan produk (dapat dibuat dalam bentuk use case  dan use case skenario maupun dalam bentuk lainnya dengan menyertakan deskripsi) 
        • Rancangan user interface yang terdiri atas Wireframe(Low fidelity) HiFi(High Fidelity)  
        • Rancangan yang dicantumkan mengutamakan kelengkapan fitur produk, tampilan-tampilan navigasi, pesan error, konfirmasi sistem, validasi sistem, informasi termasuk manual penggunaan user interface,  kemudahan pengguna, perilaku pengguna.
        • Daftar Pustaka (wajib ada, minimal 10 international dalam 5 tahun terakhir). 
    4. Proposal harus disusun dengan jumlah halaman maksimal 30 halaman termasuk lampiran (total). 
    5. Proposal disimpan dalam bentuk PDF dengan format penamaan dokumen Codig4–UIUX–NamaKetuaTim-NamaPT/Sekolah.pdf.

Pengumpulan Dokumen

Proposal dengan Format (.pdf) dan dikirimkan dengan penamaan File (CODIG Competition 4.0 – UIUX – NamaKetuaTim – Nama PT.pdf) pada menu REGISTER dan dapat menambahkan deskripsi : 

  1. Nama Universitas/Sekolah
  2. Nama TIM
  3. File Poster 
  4. Video di upload ke channel YouTube sebagai unlisted video dengan format judul video sesuai  poin diatas dan sertakan url videonya.

Tahap Final

  1. Tahap ini dilakukan dengan melakukan penjurian terhadap peserta yang lolos tahap penyisihan.
  2. Peserta pada tahap final harus menyiapkan presentasi dengan menyajikan hasil prototype dan analisi UX.
  3. Peserta diperbolehkan memperbaiki makalah untuk tahap final ini.
  4. Peserta wajib membuat poster yang dipamerkan pada sosmed facebook fasilkom umb
  5. Peserta diharuskan mengunggah berkas hasil penyelesaian desain untuk babak final ke alamat e-mail [email protected] dengan subject : “CODIG Competition 4.0 – Final UIUX – Nama PT”  nama filenya (CODIG Competition 4.0 – Final UIUX – NamaKetuaTim  –  Nama PT.pdf) dengan ketentuan sebagai berikut
    • Judul produk
    • Abstrak
    • Latar Belakang Masalah
    • Tujuan dan hasil yang akan dicapai
    • Metode pengumpulan datanya dan metode penyelesaian masalah(Design, analisis, survei pendahuluan) Adanya sumber referensi secara empiris.
  6. Analisis desain karya meliputi:
    • Target pengguna 
    •  Batasan produk 
    •  Platform yang digunakan 
    • Skenario penggunaan rancangan produk (dapat dibuat dalam bentuk use case  dan use case skenario maupun dalam bentuk lainnya dengan menyertakan deskripsi) 
    • Rancangan user interface yang terdiri atas Wireframe(Low fidelity) HiFi(High Fidelity)  
    • Rancangan yang dicantumkan mengutamakan kelengkapan fitur produk, tampilan-tampilan navigasi, pesan error, konfirmasi sistem, validasi sistem, informasi termasuk manual penggunaan user interface,  kemudahan pengguna, perilaku pengguna.
    • Hasil Implementasi dari rancangan yang dicantumkan
  7. Daftar Pustaka (wajib ada, minimal 10 international dalam 5 tahun terakhir)

PENILAIAN

Tahap Penyisihan

  1. Pada tahap penyisihan dilakukan penilaian Kelengkapan dari dokumen yang dikumpulkan (video, proposal, poster).
  2. Penilaian proposal sesuai dengan syarat yang diminta dan kualitas dari proposal dilakukan dengan menggunakan skala ordinal dan menilai proposal dengan kriteria sebagai berikut:
No Item Penilaian Nilai Minimum Nilai Maximum Bobot Penilaian
1 Kelengkapan persyaratan 1 5 20%
2 Inovasi design 1 5 30%
3 Kualitas Solusi yang ditawarkan 1 5 30%
4 User Friendly 1 5 10%
5 User Behaviour 1 5 10%

Tahap Final

  1. Tahap ini dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap proposal, produk, presentasi peserta.
  2. Penilaian dilakukan dengan kriteria sebagai berikut:
    1. Penilaian poster yang mendapat like dari soial media, produk (20%)
    2. Penilaian presentasi (40%)
    3. Penilaian Video (20%)
    4. Penilaian Laporan Akhir (20%)

APRESIASI

  1. Kategori Universitas:
    1. Pemenang 1: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT
    2. Pemenang 2: Uang Tunai Rp. 1.500.000 + Plakat + SERTIFIKAT
    3. Pemenang 3: Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT

    2. Kategori SMA/K/Sederajat:

    1. Pemenang 1: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT + Beasiswa 100%*
    2. Pemenang 2: Uang Tunai Rp. 1.500.000 + Plakat + SERTIFIKAT
    3. Pemenang 3: Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT

    Juara Umum PIALA BERGILIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *