Kompetisi Pengembangan Aplikasi Permainan (GAME DEVELOPMENT)

Syarat Pendaftaran :

Kategori Universitas

  1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) / SK Mahasiswa Aktif/KRS Berjalan/Screenshoot Sistem Akademik Masing-masing Institusi
  2. Swafoto Berwarna 
  3. Surat pernyataan karya yang belum pernah dilombakan*
  4. Formulir Pendaftaran Tim yang ditanda tangani oleh dosen pembimbing*
  5. Video menjelaskan karya yang dibuat**
  6. Poster menjelaskan karya yang dibuat**
  7. Proposal karya disesuaikan dengan template**

Kategori SMA/K/Sederajat

  1. Surat pernyataan terdaftar di SMA/K/Sederajat yang bersangkutan yang ditanda tangani oleh pimpinan sekolah
  2. Swafoto Berwarna 
  3. Surat pernyataan karya yang belum pernah dilombakan dan ditanda tangani* 
  4. Formulir Pendaftaran Tim yang ditanda tangani*
  5. Video menjelaskan karya yang dibuat**
  6. Poster menjelaskan karya yang dibuat**
  7. Proposal karya disesuaikan dengan template** 

Keterangan:

  • *Dapat di download di website
  • * per kategori maksimal hanya 3 orang
  • **Kriteria dapat dilihat di website

Deskripsi

Aplikasi permainan merupakan bagian yang menjadi media bagi para peserta untuk mengembangkan ide dan kreatifitas dalam bentuk inovasi yang dapat berfungsi dengan baik. Tujuan yang ingin dicapai adalah menampilkan aspek pendidikan dan manfaat yang memiliki karakter khusus serta menampilkan pula unsur hiburan.

Tahap Penyisihan

Persyaratan yang harus dilengkapi dalam tahap penyisihan adalah proposal dan video pengembangan Aplikasi Permainan.

Ketentuan Proposal

      1. Proposal Aplikasi Permainan tidak mengandung kata dan makna yang melanggar atau menghina SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
      2. Proposal pengembangan Aplikasi Permainan berisi deskripsi tentang Aplikasi Permainan berikut nama Aplikasi Permainan yang dikembangkan.
      3. Proposal harus dapat menjelaskan masalah yang dihadapi, peluang dan pasar, solusi, model bisnis.
      4. Proposal harus disusun dengan struktur kepenulisan sebagai berikut:
        1. Halaman Sampul (Nama Tim/Judul Proposal/Nama Perangkat Lunak/Universitas/Sekolah)
        2. Latar Belakang Masalah
        3. Deskripsi aplikasi permainan mencakup hal-hal berikut : 
        4. Ikhtisar berupa penjelasan aplikasi permainan yang dikembangkan 
        5. Cerita tentang aplikasi permainan . 
        6. Aturan main dan prosedur yang ada pada permainan(Alur dalam bentuk diagram contoh : flow chart). 
        7. Informasi terkait jumlah pemain yang terlibat dan apa yang dilakukan oleh para pemain pada aplikasi permainan yang dikembangkan. 
        8. Genre yang menjadi tema utama aplikasi permainan yaitu Action Adventure, Strategy, RPG, Read World Simulation, Construction  & Management, Puzzle, dan sebagainya. 
        9. Mode Kompetisi berupa (Single Player, Competitive Multiplayer, Cooperative Multiplayer, dsb). 
        10. Tingkatan, level atau story dari aplikasi permainan. 
        11. Target audience atau pengguna dari aplikasi permainan yang dikembangkan 
        12. Informasi yang menampilkan gambar-gambar storyboard, screenshot, wireframe, maupun ilustrasi visual untuk penilaian Game Concept dengan mempertimbangkan sisi estetika. 
        13. Informasi-informasi penting lain yang diperlukan untuk menjelaskan aplikasi permainan yang dikembangkan.
      5. Teknologi dan sumber daya yang digunakan (untuk pengembangan dan penggunaan nantinya);
      6. Tahapan rancangan dan implementasi yang dilakukan dari awal hingga aplikasi selesai dikembangkan.
      7. Proposal harus disusun dengan jumlah halaman maksimal 30 halaman termasuk lampiran (total).
      8. Proposal disimpan dalam bentuk PDF dengan format penamaan dokumen Codig4–Game–NamaKetuaTim-NamaPT.pdf.

 

Ketentuan Video

      1. Video berisi demo aplikasi permainan yang sudah dikembangkan. Video tersebut diunggah melalui YouTube dengan link disertakan pada saat
      2. Video berdurasi maksimal 10 menit.
      3. Video memperlihatkan aplikasi sedang dimainkan oleh pengguna pada beberapa level. Hal ini sangat penting bagi proses penilaian sehingga diharapkan agar para peserta dapat membuat video ini sebaik-baiknya mengingat durasi video yang singkat.
      4. Video diunggah ke situs Youtube dengan diberikan judul CODIG Competition 4.0 – Aplikasi Permainan – ID Tim – Nama Tim.

Pengumpulan Dokumen

Proposal (pdf), poster, video dan (.ppt) dikirimkan subject e-mail (CODIG Competition 4.0 – Game Development– NamaKetuaTim  –  Nama PT/Sekolah) ke [email protected] dengan menuliskan deskripsi pada body e-mail sebagai berikut:

  1. Nama Universitas/Sekolah
  2. Nama TIM
  3. File Poster
  4. Video di upload ke channel YouTube sebagai unlisted video dengan format judul video sesuai poin diatas dan sertakan url videonya
Tahap Final
      1. Karya yang dihasilkan, yaitu:
        1. Aplikasi permainan lengkap yang sudah siap di-install, dimainkan, dan dilakukan penilaian oleh dewan juri dalam format executable file.
        2. Dokumen teknis yang tentang proses instalasi dan petunjuk cara
          memainkan aplikasi yang telah dikembangkan. Peserta tidak perlu
          mengumpulkan source code.
      2. Tahap ini dilakukan untuk penilaian terhadap peserta yang lolos tahap penyisihan
      3. Peserta pada tahap final harus menyiapkan presentasi proposal pengembangan aplikasi permainan yang telah dibuat.
      4. Peserta melakukan demo aplikasi permainan yang dikembangkan.
      5. Peserta diperbolehkan memperbaiki proposal untuk tahap final ini.
      6. Peserta harus menghadiri presentasi tahap final via zoom/google meet (online)
PENILAIAN
  1. Pada tahap penyisihan dilakukan penilaian terhadap proposal yang dikirimkan oleh peserta.
  2. Penilaian yang dilakukan terhadap aplikasi permainan yang dikembangkan berdasarkan 3 (tiga) unsur utama yaitu story, mechanics, dan estetika dengan mempertimbangkan aspek pendidikan, kreativitas, interaktif dan atraktif berdasarkan aktivitas yang dilakukan oleh pemain ketika bermain dan hiburan.Aspek mechanics mendeskripsikan tujuan dari aplikasi permainan, hal-hal yang dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan oleh seorang pemain untuk mencapai tujuan permainan, dan apa yang terjadi seandainya pemain mencoba suatu aksi. Story merupakan rangkaian kejadian yang ada pada aplikasi permainan yang Anda kembangkan. Unsur estetika mengambil poin penilaian dari sisi interaksi dan tampilan aplikasi.
  3. Penilaian dilakukan pada tahap penyisihan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria sebagai berikut:
    1. Unsur pendidikan yang ada pada permainan mencakup dampak dan manfaat yang diperoleh pengguna, misalnya untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu topik (contoh : problem matematika); (bobot 25%)
    2. Kreatifitas dalam pengembangan aplikasi permainan yang dinilai berdasarkan originalitas ide; (bobot 25%)
    3. Aspek estetika yang mencakup background, animasi, suara, musik, dan informasi permainan; (bobot 25%)
    4. Gameplay secara keseluruhan yang menarik dan menghibur; (Bobot: 25%).
  4. Pada tahap final dilakukan penilaian terhadap peserta dengan kriteria sebagai berikut:
      1. Penilaian video dan produk aplikasi permainan berdasarkan aspek penilaian yang telah ditentukan pada poin 3 (15%)
      2. Penilaian presentasi (30%)
      3. Kesesuaian dengan fitur-fitur atau fungsi yang sudah dinyatakan pada proposal pengembangan aplikasi permainan; (25%).
      4. Penilaian tantangan dari juri (30%)
APRESIASI

Kategori Universitas:

  1. Pemenang 1: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT
  2. Pemenang 2: Uang Tunai Rp. 1.500.000 + Plakat + SERTIFIKAT
  3. Pemenang 3: Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT

Kategori SMA/K/Sederajat:

  1. Pemenang 1: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT + Beasiswa 100%*
  2. Pemenang 2: Uang Tunai Rp. 1.500.000 + Plakat + SERTIFIKAT
  3. Pemenang 3: Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Plakat + SERTIFIKAT

Juara Umum PIALA BERGILIR


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *